Sembilan puluh Menit Live Education di MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi
Antara siswa kelas XI Sains MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi
Dengan
Dr. Nandang Mufti, M.T (Dresden Germany) dan Ibu Witri Wahyu Lestari (Leipzig Germany)

1000guru.net adalah lembaga/organisasi non profit yang berperan dalam memberi edukasi, motivasi dan berbagi pengalaman kepada siswa-siswi di Indonesia hal ini dimaksudkan agar mereka lebih semangat belajar dan dapat menatap masa depan lebih cerah.

Pada kesempatan conference ke tiga ini membahas materi pelajaran Kimia dengan topic bahasan “Kristal dan Strukturnya” yang sangat menarik pada bahasan kali ini adalah proses aplikasi yang diterapkan penggunaan kristal pada memory computer.
Kegiatan yang diikuti oleh 36 siswi XI Sains, 1 orang Pendamping/Moderator dan 1 orang perwakilan dari team redaksi Majalah Al_Fikri dari OSIS MA Al Amiriyyah ini dilakukan pada hari Sabtu Tanggal 14 Agustus 2010 sekitar pukul 05.00 waktu Germany atau 10.00 WIB hingga berakhir tepat pada pukul 11.30 WIB Antusias siswa begitu besar apalagi mereka baru melewati seleksi untuk masuk Jurusan Sains ditambah dengan pada akhir acara diberikan bekal dan motifasi untuk menjadi ilmuan IPA sejati.
Berikut kronologis singkat kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal sabtu pagi tersebut, antara Dr. Nandang Mufti, M.T (Dresden Germany) dan Ibu Witri Wahyu Lestari (Leipzig Germany) dengan M. Hasan Syaifur Rizal (Pupunk) selaku moderator serta siswi kelas XI Sains (MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi)
Mulanya pada pukul 09.45 WIB kami prepare di ruangan sekalian mengkondisikan siswa yang hendak mengikuti kegiatan conference tersebut karena ruangan yang kami gunakan adalah ruangan putra yang jangkauan internetnya mudah dan di lembaga kami antara putera dan puteri memang dipisahkan, tepat pada pukul 10.00 WIB koneksi dengan Bu Witri dan Pak Nandang dimulai siswapun telah siap dengan materi yang akan diterima, setelah Bu. Witri melakukan pembukaan dengan memperkenalkan diri dan tentang 1000guru maka tiba giliran Pak Nandang untuk melakukan kuliah jarak jauh dan tentunya diawali dengan perkenalan terlebih dahulu. Sekitar pukul 10.20 WIB Dr. Nandang memulai materinya tentang “Kristal dan Strukturnya” materi terus berjalan hingga kira-kira sampai pukul 11.00 WIB materi telah selesai tiba waktunya untuk season tanya jawab/discuss. Penanya pertama adalah siswi dengan nama Diyah Ayu Maharani dia menanyakan tentang perbedaan struktur kristal dan berlian serta bagaimanakah cara untuk mengetahui atau cirri fisik emas murni 24 karat secara kasap mata? Lalu pertanyaan ditanggapi dengan jelas dan rinci oleh Dr. Nandang. Dilanjutkan dengan pertanyaan kedua kali ini dari Nely Nur Yani dia menanyakan tentang apakah kelebihan dari Diamond dan apa manfaatnya dalam kehidupan? Kembali pertanyaan tersebut ditanggapi dengan jelas dikira ruang Tanya jawab dan diskusi dianggap telah cukup akhirnya dilanjutkan pemberian Motivasi dan kiat-kiat untuk menjadi Ilmuan IPA sejati diawali oleh Dr. Nandang sekitar 15 Menit tentang pengalaman Belajar dan kiat suksesnya yang pada intinya merumuskan bahwa untuk menjadi Ilmuan sejati tidak harus dengan biaya yang mahal. Selanjutnya ditambahkan  oleh Bu.Witri yang pada intinya untuk menggapai dunia pendidikan internasional tidak harus dengan biaya banyak akan tetapi cukup dengan memperbanyak informasi. Beliau menambahkan tentang pengalaman serta kesan menjalani puasa ramadhan di Germany serta gambaran kehidupan Umat muslim di Germany. Pada akhirnya acara discuss dianggap cukup dan tepat pukul 10.00 WIB acara selesai dan ditutup oleh Bu Witri Lestari.
Kesan dari siswa begitu antusias dan berharap kegiatan Te-Co tersebut lebih rutin terbukti ketika selesai penutupan para siswi ditanya oleh pihak moderator “gimana mau lagi?” serentak mereka menjawab “Iya pa….k besok lagi”. Terimakasih 1000guru dan maju terus pendidikan Indonesia.


 (Laporan loleh siswa kelas XI Sains MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi)

0 komentar :

Posting Komentar